Minggu, 04 April 2010

Mengubah Polusi Suara Menjadi Energi dengan Green Noise


Pernah terpikir untuk mengubah polusi suara menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat? Jika iya, maka kemungkinan Anda juga bisa menghasilkan suatu konsep yang telah dibuat oleh Hung-Uei Jou, sang desainer dan diberi nama Green Noise, jika Anda berusaha keras.



Green Noise adalah perangkat yang bekerja menangkap dan mengubah energi suara menjadi listrik. Bentuknya mirip dengan loudspeaker dengan tujuan memperkuat elemen-elemen yang ada didalamnya. Sebuah tripod digunakan sebagai pengyangga untuk mempermudah perawatan.
Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah dimanakah lokasi yang mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi? Tidak lain bandara adalah jawabannya. Green Noise memang direncanakan untuk diaplikasikan pada landasan pacu bandar udara, listrik yang dihasilkan oleh Green Noise akan digunakan oleh perangkat tersebut untuk menyalakan lampu yang terdapat pada masing-masing perangkat.
Jika konsep ini bisa dibawa ke dalam skala prototip, maka tentunya hal tersebut menjadi sangat bermanfaat bagi bandara di seluruh dunia. Hanya saja hingga tulisan ini diturunkan, spesifikasi teknis Green Noise belum diungkapkan oleh sang desainer. (planethijau.com/ humasristek)

Sumber :
http://www.ristek.go.id/?module=News%20News&id=5558, dalam :
http://tf.ugm.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar